PENGERTIAN PLATFORM

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata Platform tetapi Anda belum mengetahui apa itu Platfrom? Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Pengertian Platform, tetapi sebelum Anda mendalamai lebih rinci lagi mengenai platform, Anda harus tau bahwa sebenarnya platform itu terbagi menjadi 2 bagian, yaitu platform yang bekerja pada Hardware dan Software (OS) Platform yang bekerja pada software saja (Java, .Net)
Tetapi pada postingan kali ini saya hanya menjelaskan platform yang bekerja pada Hardware & Software.


Menurut Wikipedia - Dalam ilmu komputer, platform merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (kerangka kerja aplikasi). Kombinasi tersebut memungkinkan sebuah perangkat lunak, khusus perangkat lunak aplikasi, dapat berjalan. Platform yang umum sudah menyertakan arsitektur, sistem operasi, bahasa permograman dan antarmuka yang terkait (pustaka sistem runtime atau antarmuka  pengguna grafis) untuk komputer.

Platform adalah unsur yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak. Penyelenggara platform menyediakan pengembangan perangkat lunak dengan kesepakatan serangkaian kode logika yang akan berjalan secara konsisten sepanjang platform ini berjalan di atas platform yang lainnya. Kode logika ini mencakup bytecode, kode sumber dan kode mesin. Dengan demikian, pelaksanaan program tidak dibatasi oleh jenis sistem operasi yang tersedia. Platform telah menggantikan sebagian besar bahasa mesin independen.
Beberapa platform perangkat lunak mengemulasikan platform perangkat keras secara menyeluruh, seperti pada virtualisasi sistem.

Jadi secara detailnya Platform adalah arsitektur hardware/fondasi/standar bagaimana sebuah sistem dimana aplikasi/program dapat berjalan, atau bisa juga dikatakan Platform adalah dasar dari teknologi dimana teknologi yang lain atau proses-proses dibuat. Sebuah Platform terdiri dari sistem operasi yaitu program sistem koordinasi komputer yang memberikan perintah-perintah kepada prosesor dan hardware untuk melakukan operasi-operasi logis dan mengatur pergerakan data di komputer.
Banyak orang beranggapan bahwa Platform dan Sistem Operasi adalah sama, namun pada kenyataannya tidak. Platform merupakan dasar atau tempat dimana sistem operasi bekerja, tanpa platform sistem operasi tidak akan berjalan.

Contoh-Contoh Platform :
PC, MAC, PDA/Smartphone, Xbox, PS3, Nintendo Wii, DLL.

Demikianlah sedikit penjelasan dari saya tentang Pengertian Platform. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dimengerti. Terima kasih telah berkunjung.

Komentar

  1. Terima Kasih Penjelasannya
    sangat membantu dan bermanfaat

    BalasHapus
  2. ada contoh nya,?
    misal os= windows, linux, dll
    kalo platform bentuk fisiknya spt apa,? mohon bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentuk fisiknya contoh... hp nokia os symbian, hp android os linux, apple os mac

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Jadi intinya platform itu kombinasi antara HW dan SW.. dan platform itu tempat untuk menjalankan software... contohnya laptop/PC...
    Betul gak..

    BalasHapus
  5. Baru ngerti.. Tks yaa ats penjelasannya.

    BalasHapus
  6. kurang jelas boss, Sertakan denga contohnya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. apple pakai mac os contohnya, hp android pakai linux dan contoh hp symbian

      Hapus
  7. thanks penjelasannya gan! salam

    googlehexa.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Sangat membantu penjelasannya, tks banget....

    BalasHapus

  9. Jadi platform adalah dimana aplikasi tidak akan berjalan Tampa adanya platform dan platform di mana kita bisa mengembangkan jaringan bisnis online kita seperti membantu mengiklankan bisnis tersebut,membuatkan website,menjalankan koperasi dan dll sebagainya.
    Apal kah betul mohon penilaiannya

    BalasHapus

Posting Komentar