MEMBUAT DUNIA ANDA SERBA OTOMATIS DENGAN BOT

Adakah Anda sebelumnya pernah mendengar webBot, robot Internet, atau biasanya di panggil dengan sebutan Bot saja? Saya rasa bagi Anda yang sering bermarketing secara masal dan otomatis sangat tahu fungsi dari Bot itu sendiri. Namun ada sebagian dari Anda mungkin tidak mengetahui fungsi dari Bot. Betul begitu?
Bot semakin marak digunakan khususnya akhir-akhir ini, ketika sosial media telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Dan ketika para pebisnis konvensional merambah ke dunia online. Sehingga menambah istilah baru, Bisnis online.
Namun sebetulnya apa sih fungsi dari bot yang sebenarnya? Apakah bot hanya sekedar mengurusi dunia online saja? Atau ada sesuatu yang lainnya?
Ada bot yang berfungsi untuk otomatisasi kegiatan sosial media, misalkan bot auto follow di twitter,bot yang bisa mengirim DM secara masal ke semua follower, bot yang bisa mengomentari semua wall status facebook milik teman, bot yang bisa mengikuti semua grup facebook berdasarkan keyword tertentu, dan mengirim semua bentuk promosi ke ribuan grup facebook yang diikuti, dan masih banyak lagi bot yang berfungsi untuk otomatisasi kegiatan ber-sosial media. Bot seperti ini sangat ampuh sekali dalam memarketingkan brand / produk ataupun jasa via sosial media. Dan bekerja secara otomatis tanpa perlu Anda pantau.
Apakah hanya bot sosial media? Dahulu kala ketika internet sedang booming diperkenalkan oleh warnet-warnet seantero Indonesia, banyak orang berchating ria menggunakan IRC, mIRC salah satu client yang marak digunakan, para pemilik channel membuat bot untuk mengotomatisasi pekerjaan mereka, seperti memberikan sambutan ketika user baru berkunjung ke channel tersebut, atau memberikan jawaban ketika adminnya tidak standby di channel tersebut. Contoh yang lebih ekstrem, ada seorang teman yang menggunakan BOT untuk melakukan transaksi jual beli pulsa via YM, semuanya berjalan otomatis , ketika Ada orang ingin membeli pulsa teman saya hanya mengirimkan pesan dengan format tertentu ke suatu alamat YM, maka YM tersebut bekerja mengontak server pulsa dan melanjutkan pekerjaan yakni transaksi pulsa.
Apakah hanya itu? Masih ada yang lebih ekstrem dan lebih canggih, ada sebuah teknologi di dunia programming perl, bernama library OLE Automation. Yang bisa menghandle pekerjaan harian Anda, apabila Anda bisa meraciknya, menggabungkan OLE Automation dengan Teknologi WebBot, maka akan tercipta sebuah robot yang sangat memudahkan pekerjaan Anda. Misalnya Anda adalah seorang yang diberikan tugas untuk mengentry ulang data berupa tulisan tangan kemudian, Anda diminta untuk mengetikan ulang data tulisan tangan tersebut dan menyimpannya kedalam document word, setelah selesai maka hasil pekerjaannya di kirimkan via email. Tidak menjadi masalah jika 1 atau dua document, tapi kalo sampai ratusan atau bahkan ribuan dokumen perharinya, bisa mati kutu. Lalu apa yang harus dilakukan?
Sederhanaya Anda tinggal membuat bot (menggunakan teknologi Perl OLE Automation) yang berfungsi untuk merubah hasil scanan data berupa image, kemudian memasukkannya ke dalam sebuah folder tertentu, dimana nanti ada bot yang selalu mendeteksi Ada atau tidaknya document berupa gambar hasil scan, jika ada, maka bot tersebut memanggil fungsi OCR (Optical Character Recognition, teknologi yang mengkonversi gambar menjadi teks), setelah itu Bot Perl Ole Automation tadi mengopikan hasil konversi berupa teks ke dalam Microsoft Word menggunakan Library OLE yang sudah disisipkan secara default ke dalam Microsoft Office, setelah itu Bot Perl Ole Automation memanggil WebBot agar si webbot bisa mengupload dokumen berupa microsoft word tadi dan mengirimkannya via email.
Jadi tugas Anda sebagai entry data hanya menscan data hasil tulisan tangan saja, selebihnya yakni mengkonveri gambar menjadi teks, kemudian memasukkannya kedalam microsoft word, lalu mengirimkannya ke email bisa di lakukan secara otomatis oleh bot yang Anda buat.
Dahulu kala ketika saya masih kuliah pun pernah membuat bot yang bisa memonitoring pekerjaan dari banyak website penyedia lowongan pekerjaan, anggaplah Anda sedang mencari lowongan kerja di bidang IT maka bot tersebut akan bekerja terus untuk mencari lowongan kerja IT dari banyak web, nah jika pekerjaan terbaru di temukan, maka info pekerjaannya itu akan di smskan ke nomor HP Anda, dan Anda pun bisa langsung mengirimkan CV ke email perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan tersebut via sms, yakni dengan memberikan perintah via SMS. Ini adalah tugas akhir ketika saya masih kuliah, WebBot Pencari Lowongan pekerjaan. Apabila dikembangkan sangat bermanfaat sekali untuk orang banyak.
Saat ini pun saya sedang mengembangkan sebuah bot yang berfungsi untuk memarketingkan produk atau jasa para pemilik UKM. Yakni bot yang bisa mencari Nomor HP, Email, WhatsApp, PinBB, YM, dari seluruh halaman website tertentu juga sekaligus langsung mempromosikan produk / jasa via sms, email, whatsapp blast, message ym, dll pastinya ketika alamat kontak tersebut ditemukan.
Dan masih banyak lagi jenis bot yang lain.
Lalu bagaimana bisa Bot berkelakuan seperti layaknya manusia? Pastinya anda betul-betul penasaran dengan teknologi yang satu ini. :)
Sederhananya BOT itu layaknya script / software pada umumnya, hanya saja, BOT ini dibuat untuk menghandle kegiatan yang biasanya dilakukan manusia. Ada beberapa yang perlu Anda ketahui mengenai BOT ini, yakni teknologi di balik BOT.
Jika Anda ingin membuat yang menghandle kegiatan Anda secara online, maka yang perlu Anda pelajari adalah :
PHP, phpCURL, HTML Parsing, Crond Schedule Time, MySQL untuk penyimpanan hasil grabbing data.
Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Sumber - http://www.ilmuwebsite.com/

Komentar